Ilmu, berikan walau sedikit

fossil amikom
Sabtu ini saya kebagian sebagai pembicara di depan pada pertemuan rutin fossil setiap minggunya. Kali ini fossil membahas opensource lebih luas lagi yaitu membahas framework CI (code Igniter). ini adalah lanjutan dari tulisan tentang "Kuncinya bukan jagonya tapi berbaginya".

Pagi alat-alat dan meja sudah tersusun rapi dan siap untuk memulai presentasi. Aku datang sekitar jam 10.00 kurang, ternyata hanya ada beberapa orang saja yang ada di situ dan harus nunggu anggota fossil yang lain ngumpul.

Akhirnya mereka datang satu persatu, dan langsung saja workshop tentang CI ini saya mulai. Ternyata di antara mereka ada yang belum mengerti tentang dasar website dan saya harus lebih banyak menjelaskan dasar-dasar nya dulu sebelum masuk ke inti materi tentang code igniter.

Bicara didepan selama dua jam lebih, dan melihat wajah mereka dengan pandangan kosong dan sesekali tertawa membuat saya harus memancing mereka untuk interaksi sambil memberikan sedikit motifasi pada mereka. Ternyata memang sulit membuat orang mengerti akan sesuatu jika mereka sendiri belum mempunyai kendala. Satu satunya jalan adalah saya motifasi mereka untuk mencoba belajar web itu sendiri dan nantinya mereka akan menemukan kesulitan yang membuat ilmu itu cepat dimengerti :D *kata orang mah masalah itu mendewasakan kita... loh loh apa hub. ngannya???*.

Karena waktu sudah over maka presentasi pun saya akhiri, dan saya pun bersyukur ternyata ada beberapa yang bertanya. Itu menandakan mereka menyimak dan tertarik tentang apa yang saya obralkan di depan tadi. Semoga workshop tiap minggu ini bisa berjalan langgeng dan anggota nya bertambah banyak :D

fossil amikom picture

apa pun ilmunya jika kita berikan (share) pasti akan berguna walaupun sedikit jika iklash dalam memberikanya. * Tapi layaknya pisau bermata dua, jangan berikan anak berusia lima tahun pisau belati yang tajam. Walaupun anak kecil itu bersi keras memintanya. *

4 komentar:

{ bocahbancar } at: 2 Juni 2010 pukul 15.59 mengatakan...

Alhamdulillah,,,,

Saya juga sudah mulai berlatih untuk membagikan ilmu melalui workshop kecil semacam itu,,,

Salam semangat selalu dan semoga sukses yaaa :)

{ temon } at: 6 Juni 2010 pukul 00.05 mengatakan...

makasih mas... wah klo di banding ama kamu jauh lah mas... uda sering ketemu ama mentri segala... hag hag hag... :D

{ Joglo Media } at: 21 Juni 2010 pukul 08.30 mengatakan...

wah kayaknya ane perlu belajar lebih banyak soal pemrogaman web sm mas temon nih...

{ orang pinter } at: 8 Desember 2010 pukul 05.36 mengatakan...

haduh... mas edi bisa aja...

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda