Kuncinya bukan jagonya tapi berbaginya

Pada sebuah komunitas online banyak orang yang ingin menanyakan sesuatu dan banyak juga orang yang hanya membaca dan kadang sesekali mempost atau sharing apa yg mereka ketahui. Namun hanya beberapa orang yg memang setiap hari suka untuk menjawab dan share saja. Ini lah yang menjadikan seseorang bisa lebih disegani dan dihormati.

Dalam hubungan sosial di sebuah komunitas pasti ada sebuah derajat, dimana derajat ini biasanya diukur antara yang bisa dan yang tidak bisa alias anggota baru. Namun seperti apa yang dikatakan oleh pak onno dalam bincang-bincangnya mengenai komunitas intel, kuncinya bukan di jagonya tapi berbaginya. Buat apa kalau orang itu sangat pintar sekali super jenius tapi dipendam dan tidak mau sharing.

Saya setuju sekali dengan perkataan pak onno tersebut, dalam bincang-bincang tersebut sebenarnya pak onno memberikan pengetahuan bukan pada sebuah komunitas tersebut namun untu komunitas umum atau komunitas online. Sadar atau tidak disadari orang yang aktif di sebuah komunitas yang sesuai dengan bidangnya akan menjadi bertambah pandai dan akhirnya akan menjadi seorang ahli dari bidang tersebut jika orang itu rajin untuk sharing menjawab pertanyaan dan sesekali bertanya. :)


image from : http://indobbc.wordpress.com/category/blogger/
inspire by onno w purbo

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda