Memperbaiki GRUB LOADER LINUX yang tertimpa Boot Loader Windows.txt

Pertama yang membuat saya bersemangat untuk membuat tuto ini adalah karena banyaknya orang yang kebingungan saat pertama menginstall linux di kompie mereka dan tentu saja dual boot dengan Win XP. Tak bisa kita ungkiri kalau win XP selalu kita butuhkan saat kita bekerja di samping linux. Permasalah yang saya angkat ini terjadi jika win XP yang kita install bersamaan dengan linux telah mengalamai kerusakan ataupun cras yang bisa diakibatkan oleh ganguan dari virus, maklum windows XP rawan Virus ha2,,.. Maka dengan berat hati anda akan dengan suka rela untuk menginstal kembali win XP. setelah installasi selesai apa yang terjadi?? Anda akan mulai mengeluh, karena proses booting langsung masuk ke win XP tanpa memperhatikan pilihan untuk masuk ke Linux. Hal ini terjadi karena boot loader dari liunux tertimpa oleh bootloader win XP yang baru saja anda install. Apakah Anda akan menginstal Linux kembali??. ow,,sangat melelahkan tentunya!!dan di bawah ini saya akan memberi tahu bagaimana cara pemecahanya tanpa melakukan penginstalan OS kembali.


Pertama yang harus anda siapkan adalah live cd dari linux bisa knopix ataupun ubuntu. Anda sudah memenuhi syarat pertama tersebut, Ikutilah langkah2 di bawah insssi :

1. Set bios agar laptop atau komputer anda bisa booting melalui live cd (bisa dilakukan dengan cara merubah firs boot di arahkan ke cd room).

2. Setelah anda masuk ke dalam dekstop live cd linux, Jalankan terminal untuk masuk ke dalam command shell. atau kalau lebih bagusnya tekan ctrl+alt+f1.

3. Dalam command shell masukan perintah :

sudo grub

anda akan masuk ke dalam grub =>command.

4. Selanjutnya masukan perintah :

find/boot/grub.stage1

perintah ini fungsinya untuk mengetahui dimana keberdaan grub yang sebelumnya berada. Dan hasil dari perintah di atas adalah:

grub>find/boot/grub.stage1

(hd0,1)

5. Sekarng anda sudah mengetahui lokasi hard disk, dan untuk selanjutnya silahkan masukan perintah di bawah ini :

root(hd0,1)

dan setelah itu masukan paerintah ini :

setup(hd0)

perintah di atas berfungsi untuk melakukan installasi grub kembali ke komputer anda agar bisa di guanakan untuk masuk ke Linux.

6. Masukan perintah quit untuk keluar dari shel tersebut, atau langsung anda ketikan sudo -i dan ketikan lagi halt. komputer akan langsung restat.

andapun bisa masuk kembali ke system linux anda. Terimakasih semoga bermanfaat.

1 komentar:

{ NAFAS ZAMAN } at: 11 Desember 2010 pukul 18.04 mengatakan...

Bermanfaat sekali, nais inpo gan

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda