Install XP in HP Compaq

Sudah lama saya memakai Compaq presario V3737, Namun kendala yang saya hadapi belum juga terlaksana yaitu untuk memasukan Operating System XP ke dalam Compaq kesayangan. Dan baru - baru saja semua itu sudah oke alias terlaksana. Dan karena itulah encoba untuk mengexplor pengalaman saya ini. Terutama bagi temen - temen yang sekarang masih kesulitan untuk menginstall windows XP di laptop kesayanganya.

1. Buanglah win bawaan seperti win VIsta yang menyebalkan. Lau tinggal install win XP yang suport SATA, tetapi saya sarankan tidak memakai windows XP BLACK. Karena Win XP BLACK adalah OS yang tidak dikeluarkan oleh microsoft, melainkan buatan para hacker dan di dalam OS tersebut telah di pasangi backdor, yaitu sebuah pintu belakan yang nantinya digunakan oleh si pembuatnya untuk melakukan sesuatu yang dia mau dengan sesuka mereka ke laptop kita saat kita lagi on line. dan di bawah ini saya juga menyertakan WIN XP yang suport sata. Serta saya juga menyertakan beberapa driver yang mungkin bermanfaat bagi temen - temen semua. Kalau anda masih menginginkan windows Vista tersebut masih terinstal maka jangan buang dan lakukan langkah - langkah berikutnya.

2. Jika laptop anda punya winn Vista bawaan maka di drive C adalah tempat dari installasi windows VISTA tersebut. Dan di Drive D adalah tempat recoverynya, yaitu tempat menyimpan semua file backup dari semua setingan dan file instalasi dari win Vista. Alangkah baiknya anda Burning dulu recoveri tersebut agar windows Vista anda bisa digunakan lagi di kemudian hari. dan di drive E adalah tempat menyimpan data anda, nah di drive inilah kita bisa bagi2 untuk tempat win XP yang mau kita instal.

3. Buatlah sebuah partisi lagi dari drive E untuk menjadi tempat windows XP. Anda bisa menggunakan partition magic atau ,lebih bagusnya anda bisa menggunakan partition editor yang biasanya terdapat pada live CD linux. Karena ternyata ada suatu bug dari partition magic, dan bisa 2 drive yang akan anda bagi terformat dan tidak dikenal oleh laptop anda. Dan beri nama partisi baru itu dengan nama terserah anda, Win XP misalnya.

4. Setelah partisi buat win XP sudah ada silahkan install win XP dan pilihlah drive yang baru saja anda buat.

5. Setelah installasi selasai coba restat komputer anda. Maka apa yang terjadi??. oh tidak ternyata laptop anda langsung masuk ke win XP dan tidak ada pilihan untuk masuk ke win Vista. Jangan kawatir kalau win Vista anda hilang. Karena yang hilang hanyalah boot loadernya saja. Setelah anda menginstal XP maka bootloader dari Vista akan otomatis di pindahkan menuju ke windows XP.

6. Untuk menangani massalah tersebut install Easy BCD yaitu sebuah soft ware yang bisa mengembalikan bootloader serta melakukan pemilihan OS terlebih dahulu sebelum masuk ke default OS. Dan bisa anda cari dengan menggunakan google (ketik easy BCD free download di bagian pencarian).

7. Install soft ware tersebut. Dan and pun bisa menambahakan satu bootloader baru dan untuk Win Vista anda. Selain itu Easy BCD juga mendukung untuk penambahan berbagai OS seperti linux sampai MAC OS.


BONUS :

EASY BCD (pemilih OS & pengembali NTDLR)
Download file .iso (XP+SATA)
driver VGA intel buat laptop
Download Drivers

2 komentar:

{ kutu } at: 23 Juli 2008 pukul 19.03 mengatakan...

bos thank's ilmunya dan win xp + satnya,
tap satu problem lg nich serial xpnya apa ya....?
tank's klo bisa kirim via email please.
kutunet@gmail.com

{ orang pinter } at: 18 Januari 2009 pukul 06.54 mengatakan...

kalo serialnya bisa di masukin sembarang serial windows xp2, oke sama - sama bro...

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda